Spasial

Peta India Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Peta India – India adalah merupakan sebuah negara berbentuk republik yang terletak di benua Asia. Jumlah penduduk India menempati urutan kedua terbanyak di dunia, populasinya berjumlah lebih dari 1 milyar jiwa. Berdasarkan ukuran wilayah geografisnya, India adalah merupakan negara terbesar ke-7 di dunia. Sejak tahun 1980-an penduduk India tumbuh dengan cukup pesat.

India berada di kawasan Asia selatan dengan batas-batas wilayahnya adalah meliputi: bagian selatan berbatasan dengan Laut Arab, Laut Laccadive, serta Teluk Bengal, bagian utara berbatasan dengan Negara Bhutan, Nepal, Cina, serta Pakistan, dan pada bagian timur berbatasan dengan Bangladesh serta Myanmar (Burma).

Baca juga: Erek erek 2d Abjad Bergambar Lengkap

Peta di bawah ini adalah meliputi peta wilayah, peta negara bagian, peta politik, serta peta letak apabila dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Negara India

Negara-negara Berbatasan India

  • Bangladesh
  • Bhutan
  • China
  • Myanmar (Burma)
  • Nepal
  • Pakistan

Peta Regional

Peta Negara Bagian India

Peta Negara Bagian India

Gambar Peta India

Peta Politik India
Peta Politik India

Di mana letak India?

Peta Letak India

Hal-hal yang perlu diketahui

Kota Penting India

Agartala, Agra, Ahmedabad, Aizawl, Allahabad, Amritsar, Chennai (Madras), Coimbatore, Cuddalore, Cuttack, Daman, Dehradun, Dibrugarh, Dispur, Balasore, Bengaluru, Bareilly, Bhopal, Bhubaneswar, Bhuj, Bikaner, Chandigarh, Diu, Gandhinagar, Gangtok, Gorakhpur, Guntakal, Gwalior, Haldia, Hyderabad, Imphal, Indore, Itanagar, Jabalpur, Jaipur, Kohima, Kochi Kolkata (Kalkuta), Kota, Kozhikode, Leh, Lucknow, Ludhiana, Madurai, Mangaluru, Jaisalmer, Jammu, Jamnagar, Jamshedpur, Jhansi, Jodhpur, Kakinada, Kanpur, Kargil, Kavaratti, Kochi, Mumbai (Bombay), Nagpur, Nagpur, New Delhi, Panaji, Paradip, Pathankot, Ranchi, Shillong, Silchar, Silvassa, Shimla, Solapur, Srinagar, Patna, Porbandar, Port Blair, Puducherry, Pune, Raipur, Rajkot, Surat, Thiruvananthapuram, Thoothukudi, Tinsukia, Udaipur, Vadodara, Varanasi (Benares), Vasco da Gama, Vijayawada,dan Visakhapatnam.

Pinjaman Online

Nama Negara bagian India

Andhra Pradesh, Arunachal Pradesh, Assam, Bihar, Chhattisgarh, Goa, Karnataka, Kerala, Madhya Pradesh, Maharashtra, Manipur, Gujarat, Haryana, Himachal Pradesh, Jammu dan Kashmir, Jharkhand, Meghalaya, Mizoram, Sikkim, Tamil Nadu, Telangana, Tripura, Nagaland, Odisha, Punjab, Rajasthan, Uttar Pradesh, Uttarakhand, dan Benggala Barat.

Wilayah Serikat India

Kepulauan Andaman dan Nicobar, Daman dan Diu, Chandigarh, Dadra dan Nagar Haveli, Delhi, Lakshadweep, dan Puducherry.

Lokasi strategis India

Kepulauan Andaman, Laut Andaman, Laut Arab, Rentang Aravalli, Danau Chilka, Danau Dhebar, Sungai Gangga (Gangga), Sungai Ghaghara, Teluk Bengal, Sungai Bhima, Sungai Chambal, Sungai Chenab, Sungai Godavari, Gurun Besar India (Gurun Thar) , Teluk Khambhat, Teluk Kutch, Sungai Mahanadi, Mulut Gangga, Sungai Narmada, Teluk Mannar, Himalaya, Sungai Kaveri, Sungai Krishna, Laut Laccadive, Kepulauan Lakshadweep, Kepulauan Nicobar, Nizam Sagar, Selat Palk, Danau Pulicat, Teluk Palk, Rann of Kutch, Sungai Rihand, Sungai Son, dan Sungai Yamuna.

Sumber Daya Alam India

India merupakan produsen batubara terbesar keempat di dunia. Sumber daya terkait bahan bakar lainnya yang dimiliki India adalah berupa gas alam dan minyak bumi. Terdapat juga sejumlah sumber daya logam yang meliputi kromit, bijih besi, bijih titanium, bauksit, mangan, dan mika. Sumber daya alam lainnya adalah termasuk berlian, batu kapur dan tanah subur.

Bencana Alam India

India memiliki sejumlah bahaya alam yang diantaranya meliputi kekeringan, badai petir parah, gempa bumi, serta banjir yang meluas dan merusak dari hujan monsun.

Masalah Lingkungan India

Masalah lingkungan yang terdapat di India cukup banyak. Diantaranya adalah termasuk deforestasi, erosi tanah, penggembalaan berlebihan, serta penggurunan. Negara ini memiliki populasi yang cukup besar dan terus bertambah yang melimpahi sumber daya alam. Kualitas air keran tidak dapat diminum di seluruh negeri, serta terjadi polusi air dari limpasan pestisida pertanian dan limbah mentah. Selain itu, India juga memiliki polusi udara yang berasal dari limbah industri dan emisi kendaraan.

Artikel terkait

Back to top button